Ciri adalah tanda yang khas untuk
mengenal atau mengetahui. Fungsi berarti penampilan, pembuatan pelaksanaan,
atau kegiatan. Dalam kaitannya dengan humas, maka humas dalam suatu
instansi
dikatakan berfungsi apabila humas itu menunjukkan kegiatan yang jelas, yang
dapat dibedakan dari kegiatan lainnya.
1.
Ciri
Hubungan Masyarakat
Untuk memperoleh
kejelasan mengenai fungsi humas, ada baiknya apabila hal yangpenting itu secara
eksplisit ditegaskan, yakni:
a. Humas
adalah kegiatan komunikasi dalam suatu organisasi yang berlangsung dua arah
secara timbal balik.
Humas adalah suatu
metode komunikasi yang berbeda dengan metode-metode lainnya dalam bidang
komunikasi berbeda dengan jurnalistik atau perang urat saraf yang juga
merupakan metode komunikasi. Sebagai kegiatan komunikasi dalam organisasi,
prosesnya berlangsung dalam dua arah timbal balik ( two way traffic reciprocal
communication). Ini berarti pada jalur pertama komunikasi berlangsung dalam
bentuk penyampaian tanggapan atau opini publik dari pihak publik kepada
manajer. Dengan komunikasi dua arah timbal balik itu berarti bahwa sang manajer
harus selalu mengkaji, apakah informasi yang disebarkan kepada publiknya itu
diterima, dimengerti, dan dilaksanakan atau tidak.
b. Humas
merupakan penunjang tercapainya tujuan yang ditetapkan oleh manajemen suatu
organisasi.
Telah diterangkan bahwa
fungsi humas melekat pada proses manajemen yang berarti bahwa humas tidak
mungkin dipisahkan dari manajemen. Eksistensi humas sebagai pelembagaan
kegiatan komunikasi dalam organisasi justru untuk menunjang upaya manajemen
dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
c. Publik
yang menjadi sasaran kegiatan humas adalah publik ekstern dan publik intern
Di indonesia ada
kecenderungan bahwa manusia-manusia yang menjadi sasaran kegiatan humas itu
hanyalah orang-orang di luar organisasi. Publik di dalam organisasi pun antara
lain karyawan adalah sasaran kegiatan humas. Mereka diarahkan dan dikerahkan
kepada pencapaian tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi.
d. Operasionalisasi
humas adalah membina hubungan yang harmonis antara organisasi dengan publik dan
mencegah terjadinya rintangan psikologi, baik yang timbul dari pihak organisasi
maupun dari pihak publik.
Ciri humas dalam
operasionalisasinya ada dua, yakni membina hubungan yang harmonis antara
organisasi dengan publik dan mencegah terjadinya rintangan psikologis pada
pihak publik.
2. Hubungan masyarakat dalam
bandingan dengan metode komunikasi lainnya
Humas
merupakan suatu teknik komunikasi apabila dilakukan oleh seorang dari pemimpin
organisasi, dapat juga merupakan suatu metode komunikasi jika dijalankan oleh
suatu lembaga dalam sebuah organisasi, lembaga tersebut dapat dinamakan biro,
bagian, seksi, dll.
Perbandingan
humas dengan metode komunikasi lainnya :
a. Jurnalistik
Merupakan
metode komunikasi karena kegiatannya melembaga, seperti pers, radio siaran atau
televisi siaran. Pada hakikatnya jurnalistik merupakan kegiatan meliputi
peristiwa yang terjadi setiap hari dimasyarakat, menyusunnya dalam bentuk kisah
berita dan kemudian menyebarluaskan kepada masyarakat, sehingga menjadi
informasi bagi siapa saja. Proses berlangsungnya hanya satu arah, sasarannya
khalayak semata-mata dan fungsinya memberikan informasi terutama.
b. Penerangan
Penerangan
termasuk metode dan teknik komunikasi, karena mengandung unsur pesan atau
informasi yang akan diterangkan, unsur komunikator yakni orang akan
menyampaikannya dan unsur komunikan yaitu orang yang akan menerimanya.
Dalam
pengertian sempit, penerangan adalah teknik komunikasi yaitu suatu cara untuk
membuat suatu hal baik yang kongkret maupun yang abstrak.
Dalam
pengertian luas, penerangan adalah metode komunikasi yaitu suatu teknik
kamunikasi yang dilembagakan dan dikonseptualisasi secara metodologis dan
sistematis untuk menyebarluaskan pesan-pesan sehingga menjadi terang dan jelas
bagi setiap orang di masyarakat.
c. Pendidikan
Pendidikan
dalam arti sempit adalah teknik komunikasi yaitu suatu cara yang dilakukan
berulang-ulang untuk membuat seseorang atau kelompok orang memahami sesuatu
lebih mendalam sehingga meningkat kecerdasannya.
Pendidikan
dalam arti luas adalah metode komunikasi yang dilembagakan dan
dikonseptualisasikan secara metodologis dan sistematis.
d. Propaganda
Merupakan
metode komunikasi yang dilakukan secara berencana, sistematis, psikologis dan
berulang-ulang, berupaya mengubah sikap, opini atau prilaku seseorang atau
sejumlah orang.
Jadi,
propaganda adalah komunikasi persuasif yang dilakukan secara berencana,
sistematis dan berulang-ulang. Teknik propaganda tersebut kemudian dilembagakan
menjadi suatu metode propaganda yang secara konsepsional dan metodologis
dilakukan oleh suatu badan khusus. Maka propaganda banyak digunakan dalam
kegiatan humas, terutama humas perusahaan.
e. Indoktrinasi
/ penataran
Merupakan
komunikasi untuk meyakinkan suatu ajaran, paham, atau idelogi kepada seseorang
atau sejumlah orang sebelumnya sudah menerima kebenarannya.
f. Penyuluhan
Penyuluhan
merupakan suatu metode komunikasi untuk meningkatkan keterampilan seseorang
atau sejumlah orang dengan cara memberikan penjelasan disertai peragaan dengan
menggunakan benda-benda nyata.
Belum ada tanggapan untuk "CIRI DAN FUNGSI HUBUNGAN MASYARAKAT"
Post a Comment