Organisasi
kekaryaan( work organization) seeperti departemen pemerintahan, perusahan,
lembaga pendidikan dan badan- badan lainya biasanya menerbitkan suatu berkala
(periodicals) sebagai sarana publiksi organisasi ke pada public.
Kahumas
yang ditugasi meenerbitkan publikasi seperti itu dapat mengklaasifikasikanya berdasarkan publikyang
dijadikan sasaran, yakni sebagai berikut:
1.
Berkala
Intern
Istilah
berkala intern sudah dengan dengan sendirinya menunnjukan bahwa penerbitan
tersebut bagi public intern yang, umumnya adalah para karyawan. Jadi isi
berkala jenis ini harus disesuaikan dengan kpentingan para karyawan.Sebaiknya
bentuk berkala intern sudah tentu bergantung pada besar kecilnya yang
menerbitkanya. Karena ditentukan oleh biaya. Biasa berbentuk majalah tebal
dengn kertas yang mewah (lux), dapat juga berbentuk stensilan yang terrdiri
atas beberapa halaman dengan kertas yang harganya murah.
Adapun
bentuknya,suatu penerbitan, meskipun hanya untuk para karyawan mengandung
unsure informasi , edukasi dana
rekreasi. Secara pribadi karyawan yang satu dengan karyawan yang lainya sudah
tentu terdapat perbedaan, tapi tetap disamakan dalam kebutuhgaan . Kebutuhan
karyawan disebut kebutuhan primer. Berdasrkan pembidangan dalm penerbitan
berkala sebagai media komunikasi, yakni aspek informative, edukatif dan
rekreatif seerta kebutuhan karyawan.
Isi
suatu penerbitan meliputi hl- hal atau peristiwa seebagai berikut:
a.
Rubrik
Informasi
·
Perihal keluarga
(pertunanganan, peerkawinan, kelahiran , kematian )
·
Kesejahteraan
(koperasi, fasilitas dari oranisasi, kredit perumahan )
·
Pengumuman
pimpinan organisasi
·
Peraturan
·
Suratk keputusan
·
Penggantian pimpinan
·
Kepindahan pegawai
·
Pertemuan (rapat kerja,
penataran, konperensi)
b.
Rubrik
Edukasi
·
Taujk
rencana(editorial)
·
Artikel (pengetahuan,
keterampilan, keagamaan)
·
Kutipan pendapat tokoh
(keahlian, kemasyarakatan, keeagamaan)
c.
Rubrik
Rekreasi
·
Cerita pndek atau
bersambung
·
Teka teki silang
·
Anekdot
·
Kisah minat insani
(human interst)
·
Pojok atau sentilan
Yang
tak boleh dilupakan kahumas dalam mengelola berkala intern itu adalah
diadakanyarubrik untuk tanggapan para karyawan . Rubrik ini enting dalam rangka
pembinaan komunikasi timbal balik, tempat para karyawan menggunakan
kesempatanuntuk mencetuskan pikiran dan perasannyadalam bentuk saran, usul,
unek- inek, permintaan, penjelasan,sanggahan, dll
Berkala
intern merupakan media komunikasi nirmassa, yang harus menimbulkan efek
kognitif, efekmafektif, dan efek konatif. Oleh karena itu, kahumas harus
memahami seluk beluk jurnalistik, khususnya jurnalistik majalah.
2.
Berkala
Ekstern
Berkala
ekstern mengkategorikan isinya berdasarkan 3 aspek yang telah disinggung yakni:
·
Aspek Informatif
·
Aspek Edukatif
·
Aspek Rekreatif
Informasi
yang dibutuhkan oleh public ekstern adalah segala sesuatu yang berhubungan
dengan perkembangan organisasi,diantaranya:
a) Kegitan
yang sedang dilakukan,
b) Kebijaksanaan
Umum,
c) Perencanaan
dan progam,
d) Masalah
persaingan,
e) Porospek
produksi,
f) Prospek
pemasaran,
g) Peningkatan
sarana dan prasarana,
h) Peningkatan
mutu karyawan,
i)
Hubungan pimpinan
organisasi dengan karyawan,
j)
Dan lain-lain.
Yang
perlu diperhatikan oleh kahumas ialah bahwa isi majalah ekstern itu harus
didasri fakta,kalau ada opini pimpinan perusahaan berupa interprestasi,perlu
dijaga jangan sampai menghilangkan keraguan pihak pulik kepada perusahaan.
3.
Berkala
Intern-Ekstern
Apabila
berkala intern diperuntukkan bagi public intern,terutama para karyawan,dan
berkala ekstern bagi public diluar organisasi,yakni mereka yang berkepentingan
dengan kegiatan organisasi,maka berkala intern-ekstern merupakan penerbitan
untuk kedua jenis public tersebut.
Disatu
pihak ,bagi organisasi yang menerbitkan berkala intern-ekstern ini lebih murah
dalam masalah pembiayaan,tetapi dilain pihak harus bisa menyajikan isi menarik
bagi 2 kelompok yang berbeda dalam kepentingannya.
boleh tau ini diambil dari buku apa? terimakasih
ReplyDelete