A. KOMUNIKASI
PARADIGMATIK DALAM KONSEP HUBUNGAN MASYARAKAT
Humas adalah “teknik
komunikasi” dari “metode komunikasi”. Sebagai teknik komunikasi ialah apabila
humas dilakukan oleh seorang pemimpin sendiri sebuah organisasi, dan sebagai
metode
komunikasi jika humas diselenggarakan oleh suatu lembaga yang dikepalai
oleh seseorang atas nama pemimpin
organisasi tempat lembaga itu beroperasi. Istilah teknik berasal dari bahasa
Yunani technikos yang berarti keahlian atau keperigelan, sedangkan metode juga
berasal dari bahasa Yunani, yang berarti “rangkaian yang sistematis”
(systematic course) yang merujuk kepada tata cara yang sudah dibina berdasarkan
rencana yang pasti, mapan, logis, atau sistematis(a settled kind of procedure,
usually according to definite, established, logical, or systematic plan).
1. Pengertian
dan sendi-sendi komunikasi
Komunikasi
manusia (human communication) adalah komunikasi antara seseorang dengan orang
lain, antar manusia. Perkataan komunikasi berasal dari bahasa latin
communication, yang menurut kamus Latin-Indonesia karya Drs. K. Prent C.M. Drs.
J. Adisubrata, dan W.J.S. Poerwadarminta, berarti “pemberitahuan”. Perkataan
communication tersebut bersumber pada kata communis yang berarti “sama”. Yang
dimaksudkan dengan “sama” disini adalah “sama arti” atau “sama makna”
a. Definisi
komunikasi
·
Bernard Berelson dan
Garry A. Stainer dalam karyanya, “Human Behavior”
Komunikasi adalah penyampaian informasi,
emosi, keterampilan, dan sebagainya, dengan menggunakan lambing-lambang,
kata-kata, gambar, bilangan, grafik, dan lain-lain.
·
Gerald A. Miller dalam
karyanya, berjudul “On Defining Communication: Another Stab.
Komunikasi mengandung situasi
keperilakuan sebagai minat sentral, di mana seseorang sebagai sumber
menyampaikan suatu kesan kepada seseorang atau sejumlah penerima yang secara
sadar bertujuan mempengaruhi perilakunya.
Menurut R. Wayne Pace, Brent D
Peterson, dan M. Dallas Burnett dalam bukunya, Techniques for effective
Communication, yang menyatakan bahwa tujuan sentral dari komunikasi meliputi
tiga hal utama, yakni
·
Memastikan pemahaman
·
Membina penerimaan
·
Motivasi kegiatan
Tujuh
sendi atau pilar strategi komunikasi:
·
Adaptasi Proses
Komunikasi
·
Pikiran
·
Penguasaan bahasa
·
Kejelasan
·
Daya persuasi
·
Kelengkapan
·
Itikad baik
1)
Komunikasi
melalui media massa
Media
massa adalah sarana untuk menyalurkan pesan oleh seseorang atau sekelompk orang
kepada sejumlah orang banyak yang terpncar-pencar.
Komunikasi
melalui media massa sering di sederhanakan menjadi komunikasi massa(mass
komunication)saja. Tegasnya,komunikasi massa dalam ilmu kounikasi berarti
komunikasi melalui media massa.
Berikut ini ada beberapa ciri-ciri
rangkuman dari berbagai pandangan para ahli komunikasi :
a)
Proses komunikasi massa
berlangsung satu arah (one way traffic communication)
b)
Komunikator pada komunikasi
massa bersifat melembaga (institutional ized organized)
c)
Pesan pada komunikasi massa
bersifat umum (public)
d)
Media pada komunikasi mssa
menimbullkan keserempakan (simultaneity)
e)
Komunikasi pada komunikasi
massa bersifat heterogen (heterogeneous)
Bagi para kahumas,memahami ciri-ciri komunikasi massa sebagaimana
diutarakan diatas amat penting karna akan menjadi sarana untuk mencapai
publik,terutama publik ekstern.
a)
Ciri proses
Ciri yang pertama,yang menunjukan
bahwa komunikasi massa berlangsung satu arah,menimbulkan konsekuensi bahwa
kahumas yang menggunakan suatu media massa tidak akan mengetahui tanggapan
publik terhadap suatu pesan yang di sampaikan kepadanya.
b)
Ciri komunikator
Ciri yang kedua dari komunikasi massa
ialah komunikatornya melembaga,dalam arti kata bahwa siapapun yang menjadi
komunikator tidak mempunyai kebebasan karena pesan-pesan yang di sebarkan oleh
media massa menyangkut nama baik,bahkan kelangsunagn hidup media yang
bersangkutan.
c)
Ciri pesan
Pesan yang disiarkan media massa
bersifat umum,yang berarti bahwa setiap pesan,apakah yang di sebarkan oleh para
komunikator dari media massa yang bersangkutan atau dari masyarakat termasuk
kahumas harus menyangkut kepentingan umum.
d)
Ciri media massa
Ciri berikutnya dari komunikasi massa
adalah keserempakan yang ditimbulkan oleh media.yang di maksud dengan
keserempakan adalah kebersamaan pada saat yang sama di antara komunikan yang
begitu banyak jumlahnya ketika mengikuti suatu pesan yang disiarkan oleh media
massa.karna itu yang di nilai sebagai media massa oleh para ahli komunikasi
umumnya adalah surat kabar,radio,televisi,film.
e)
Ciri komunikan
Komunikasi massa adalah heterogenitas komunikan yang dituju.
Para pembaca surat kabar yang begitu banyak,berbeda dalam usia,jenis
kelamin,status sosial,agama dan pandangan hidup. Oleh karena itu,para
komunikator media massa biasanya membagi khalayak yang heterogen itu menjadi
dua kategori,yakni yang dinamakan target audience atau khalayak sasaran,dan
target group atau kelompk sasaran.
Yang
dimaksud dengan khalayak sasaranadalah semua orang yang diterpa media
massa,sedangkan kelompok sasaran adalahkelompok-kelompok menurut penggolongan
tertentu,misalnya kelompok usia meliputi kelompok anak-anak,kelompok remaj dan
kelompok dewasa.
2)
Komunikasi melalui media nirmassa
Media nirmassa pada umumnya diklasifikasikan berdasarkan sasaran
yang dituju,apakah hanya satu orang atau banyak orang.
a. Media individual
Yang dimaksud dengan media individual
adalah media nirmassa yang dipergunakan untuk komunikasi point to point atau
dari titik ke titik, maksudnya antara kominikasi seseorang dengan seseorang
lainnya.contoh: surat,telepon,telegram dll.
Yang perlu dicam kan para kahumas
ialah :
1. Komunikasi horizontal
Komunikasi horizontal adalah
komunikasi antara seseorang dengan seseorang lainnya yang sama kedudukannya
misalny: antara biro yang satu dengan biro yang lainnya,sama-sama kepal
bagian,dan sama-sama kepala seksi.
2. Komunikasi vertikal
Yakni komunikasi yang dilakukan oleh
pegawai bawahan maupun atasan. Situasi komunikasi seperti ini baik melalui
telepon maupun surat,bersifat resmi dan sungguh-sungguh.
3. Komunikasi diagonal
Komunikasi diagonal yang sering juga disebut komunikasi silang
adalah komunikasi yang berlangsung antara seseorang dengan seseorang lainnya
dalam kedudukan yang berbeda,dalam artinya yang satu lebih tinggi dari pada
yang lainnya. Misalnya percakapan antara kepala seksi dari suatu biro dengan
kepala bagian dari biro lain.
b. Media umum
Yang dimaksud dengan media umum
adalah sarana komunikasi yang dipergunakan oleh humas untuk menyampaikan
berbagai pesan kepada piblik,baik publik intern maupun ekstern,dalam jumlahnya
yang relatif banyak. Contoh media umum adalah papan pengumuman penerbitan
organisasi,poster,spanduk,folder,pameran dan pergelaran.
Istilah
media umum sebagai sarana untuk kegiatan publikasi,yang dipergunakan untuk
membedakannya dari media massa yang telah diurai kan dimuka.
Belum ada tanggapan untuk "Hubungan Masyarakat sebagai Objek Studi Ilmu Komunikasi"
Post a Comment