Ergonomi dapat didefinisikan sebagai penyesuaian pekerjaan terhadap pekerja (fitting the job to workers). Setiap pekerja tidak sama ukurannya dan setiap orang mempunyai keterbatasan-keterbatasan. Ergonomics bertujuan untuk mendesain tempat kerja, proses kerja, perlengakapan, dan alat-alat supaya sesuai dengan anda. Sebagai seorang pekerja, sangat penting bagi anda untuk mengetahui bagaimana mengatur kantor anda agar cocok dengan anda.
Apabila suatu pekerjaan tidak cocok dengan pekerja, pekerja-pekerja kemungkinan besar terpapar dengan faktor-faktor risiko yang bisa menyebabkan cedera otot, tulang dan sendi. Faktor-faktor risiko ergonomic yang utama dalam kantor adalah sebagai berikut:
• Repetition; pekerjaan-pekerjaan atau pergerakan tubuh yang dilakukan secara berulang-ulang
• Awkward postures; posisi-posisi tubuh yang dianggap tidak netral atau tidak ideal seperti perputaran (twisting) leher untuk melihat monitor, atau meraih kedepan ( reaching toward) atau penggunaan mouse yang tidak segaris.
• Static forces; mempertahankan suatu posisi dalam jangka waktu yang lama (misalnya duduk yang lama, melihat monitor dengan suatu leher menunduk atau tengadah, atau menjangkau keyboard terlalu jauh).
Setiap orang merespons faktor-faktor ergonomic dengan cara yang berbeda. Sebagai contoh, seorang pekerja bisa mempunyai gejala cedera, sedangkan pekerja yang lainnya tidak. Faktor-faktor ergonomi harus diidentifkasi dan diperkecil untuk mengurangi risiko kecelakaan.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "APA ITU ERGONOMI?"
Post a Comment