Wednesday, August 19, 2015

Peranan dan Komponen Budaya kerja dalam Perusahaan


Suatu perusahaan akan memerlukan proses waktu, pikiran dan upaya yang cukup lama untuk menerapkan arti dari peranan budaya untuk membangun prestasi dan produktivitas tinggi, baik bagi perusahaan maupun bagi karyawannya, berhasil atau tidaknya penerapan budaya dalam perusahaan tergantung dari kemampuan pimpinan dan karyawan yang dimiliki, diantara peran budaya dalam perusahaan tersebut adalah:


1.      Seperangkat strategi, asumsi, nilai-nilai dan keyakinan yang mencerminkan identitas perusahaan dan berfungsi sebagai pedoman pengembangansikap dan perilaku karyawan serta pimpinandalam bekerja untuk menunjang tercapainya tujuan perusahaan
2.      Langkah menghidupkan kemampuan (skill) moral, sosial norma politik, kepercayaan, tingkah laku, dan kepentingan organisasi pengembangan sikap dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam bekerja, untuk menunjang tercapainya tuuan perusahaan.
3.      Kebiasaan yang dimiliki perusahaan dalam organisasi dengan terstruktur sebagai cara untuk mengatasi masalah dan persoalan internal maupun adaptasi eksternal.
4.      Sistem yang membentuk kepribadian dari suatu perusahaan dalam membina para karyawan berpikir,bertindak dan merasakan, termasuk kepercayaan, etika perilaku, misi,  dan kerjasama

  Komponen 
Dalam membangun dan membentuk sebuah budaya perusahaan dibutuhkan strategi yang mendasar, diantaranya:
1.        Beliefs
Menanamkan kebanggan dan kepercayaan pada produk atau jasa yang dijual berdasarkan kemampuan sumberdya yang dimiliki.
2.        Mission Statements
Percaya kepada Tuhan YME, kerja keras, memiliki kemampuan, kepemimpinan, prestasi, berkepribadian positif, saling menghargai dan loyal. Orientasi pada produk dan kepuasan konsumen, menghargai relasi dan mempertahankan hubungan baik. Adaptif terhadap perbahan lingkungan (pasar) maupun kemajuan teknologi.
3.        Leadership
Memberi teladan, mengedepankan hubungan kekeluargaan, menegakkan aturan dan sistem yang berlaku, memperkuat leadership HRD melalui corporate learning, maupun corporate trining employe.
4.        Team work
Kerjasama dan saling menghargai sehingga pekerjaan lebih ringan dan sasaran mudah dicapai.
5.        Logos
Mencerminkan citra perusahaan yang memiliki nilai dan arti sesuai sejarah organisasi.
6.        Image
Mencerminkan perbedaan misalnya dalam bentuk layanan, produk, cara promosi, komunikasi.
7.        Adaptability
Tanggap terhadap perubahan perilaku pelanggan, pasar, teknologi, lingkungan bisnis global, peraturan pemerinta.
8.        Change management

The right man on the right place in the right time persiapan kaderisasi

No comments:

Post a Comment