Suatu perusahaan akan memerlukan proses waktu, pikiran dan upaya yang cukup lama untuk menerapkan arti dari peranan budaya untuk membangun prestasi dan produktivitas tinggi, baik bagi perusahaan maupun bagi karyawannya, berhasil atau tidaknya penerapan budaya dalam perusahaan tergantung dari kemampuan pimpinan dan karyawan yang dimiliki, diantara peran budaya dalam perusahaan tersebut adalah:
1.
Seperangkat
strategi, asumsi, nilai-nilai dan keyakinan yang mencerminkan identitas
perusahaan dan berfungsi sebagai pedoman pengembangansikap dan perilaku
karyawan serta pimpinandalam bekerja untuk menunjang tercapainya tujuan
perusahaan
2.
Langkah
menghidupkan kemampuan (skill) moral,
sosial norma politik, kepercayaan, tingkah laku, dan kepentingan organisasi
pengembangan sikap dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam bekerja, untuk
menunjang tercapainya tuuan perusahaan.
3.
Kebiasaan yang
dimiliki perusahaan dalam organisasi dengan terstruktur sebagai cara untuk
mengatasi masalah dan persoalan internal maupun adaptasi eksternal.
4.
Sistem yang
membentuk kepribadian dari suatu perusahaan dalam membina para karyawan
berpikir,bertindak dan merasakan, termasuk kepercayaan, etika perilaku,
misi, dan kerjasama
Komponen
Dalam membangun dan membentuk sebuah budaya
perusahaan dibutuhkan strategi yang mendasar, diantaranya:
1.
Beliefs
Menanamkan kebanggan dan kepercayaan pada produk atau jasa yang dijual
berdasarkan kemampuan sumberdya yang dimiliki.
2.
Mission Statements
Percaya kepada Tuhan YME, kerja keras, memiliki kemampuan, kepemimpinan,
prestasi, berkepribadian positif, saling menghargai dan loyal. Orientasi pada
produk dan kepuasan konsumen, menghargai relasi dan mempertahankan hubungan
baik. Adaptif terhadap perbahan lingkungan (pasar) maupun kemajuan teknologi.
3.
Leadership
Memberi teladan, mengedepankan hubungan kekeluargaan, menegakkan aturan
dan sistem yang berlaku, memperkuat leadership HRD melalui corporate learning, maupun corporate
trining employe.
4.
Team work
Kerjasama dan saling menghargai sehingga pekerjaan lebih ringan dan
sasaran mudah dicapai.
5.
Logos
Mencerminkan citra perusahaan yang memiliki nilai dan arti sesuai sejarah
organisasi.
6.
Image
Mencerminkan perbedaan misalnya dalam bentuk layanan, produk, cara
promosi, komunikasi.
7.
Adaptability
Tanggap terhadap perubahan perilaku pelanggan, pasar, teknologi,
lingkungan bisnis global, peraturan pemerinta.
8.
Change management
The right man on the right place in the right time persiapan kaderisasi
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk " Peranan dan Komponen Budaya kerja dalam Perusahaan"
Post a Comment