Thursday, August 20, 2015

CIRI DAN FUNGSI HUBUNGAN MASYARAKAT


            Ciri adalah tanda yang khas untuk mengenal atau mengetahui. Fungsi berarti penampilan, pembuatan pelaksanaan, atau kegiatan. Dalam kaitannya dengan humas, maka humas dalam suatu
instansi dikatakan berfungsi apabila humas itu menunjukkan kegiatan yang jelas, yang dapat dibedakan dari kegiatan lainnya.
1.      Ciri Hubungan Masyarakat
Untuk memperoleh kejelasan mengenai fungsi humas, ada baiknya apabila hal yangpenting itu secara eksplisit ditegaskan, yakni:
a.       Humas adalah kegiatan komunikasi dalam suatu organisasi yang berlangsung dua arah secara timbal balik.
Humas adalah suatu metode komunikasi yang berbeda dengan metode-metode lainnya dalam bidang komunikasi berbeda dengan jurnalistik atau perang urat saraf yang juga merupakan metode komunikasi. Sebagai kegiatan komunikasi dalam organisasi, prosesnya berlangsung dalam dua arah timbal balik ( two way traffic reciprocal communication). Ini berarti pada jalur pertama komunikasi berlangsung dalam bentuk penyampaian tanggapan atau opini publik dari pihak publik kepada manajer. Dengan komunikasi dua arah timbal balik itu berarti bahwa sang manajer harus selalu mengkaji, apakah informasi yang disebarkan kepada publiknya itu diterima, dimengerti, dan dilaksanakan atau tidak.
b.      Humas merupakan penunjang tercapainya tujuan yang ditetapkan oleh manajemen suatu organisasi.
Telah diterangkan bahwa fungsi humas melekat pada proses manajemen yang berarti bahwa humas tidak mungkin dipisahkan dari manajemen. Eksistensi humas sebagai pelembagaan kegiatan komunikasi dalam organisasi justru untuk menunjang upaya manajemen dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
c.       Publik yang menjadi sasaran kegiatan humas adalah publik ekstern dan publik intern
Di indonesia ada kecenderungan bahwa manusia-manusia yang menjadi sasaran kegiatan humas itu hanyalah orang-orang di luar organisasi. Publik di dalam organisasi pun antara lain karyawan adalah sasaran kegiatan humas. Mereka diarahkan dan dikerahkan kepada pencapaian tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi.
d.      Operasionalisasi humas adalah membina hubungan yang harmonis antara organisasi dengan publik dan mencegah terjadinya rintangan psikologi, baik yang timbul dari pihak organisasi maupun dari pihak publik.
Ciri humas dalam operasionalisasinya ada dua, yakni membina hubungan yang harmonis antara organisasi dengan publik dan mencegah terjadinya rintangan psikologis pada pihak publik.

2. Hubungan masyarakat dalam bandingan dengan metode komunikasi lainnya
Humas merupakan suatu teknik komunikasi apabila dilakukan oleh seorang dari pemimpin organisasi, dapat juga merupakan suatu metode komunikasi jika dijalankan oleh suatu lembaga dalam sebuah organisasi, lembaga tersebut dapat dinamakan biro, bagian, seksi, dll.
Perbandingan humas dengan metode komunikasi lainnya :
a.       Jurnalistik
Merupakan metode komunikasi karena kegiatannya melembaga, seperti pers, radio siaran atau televisi siaran. Pada hakikatnya jurnalistik merupakan kegiatan meliputi peristiwa yang terjadi setiap hari dimasyarakat, menyusunnya dalam bentuk kisah berita dan kemudian menyebarluaskan kepada masyarakat, sehingga menjadi informasi bagi siapa saja. Proses berlangsungnya hanya satu arah, sasarannya khalayak semata-mata dan fungsinya memberikan informasi terutama.

b.      Penerangan
Penerangan termasuk metode dan teknik komunikasi, karena mengandung unsur pesan atau informasi yang akan diterangkan, unsur komunikator yakni orang akan menyampaikannya dan unsur komunikan yaitu orang yang akan menerimanya.
Dalam pengertian sempit, penerangan adalah teknik komunikasi yaitu suatu cara untuk membuat suatu hal baik yang kongkret maupun yang abstrak.
Dalam pengertian luas, penerangan adalah metode komunikasi yaitu suatu teknik kamunikasi yang dilembagakan dan dikonseptualisasi secara metodologis dan sistematis untuk menyebarluaskan pesan-pesan sehingga menjadi terang dan jelas bagi setiap orang di masyarakat.

c.       Pendidikan
Pendidikan dalam arti sempit adalah teknik komunikasi yaitu suatu cara yang dilakukan berulang-ulang untuk membuat seseorang atau kelompok orang memahami sesuatu lebih mendalam sehingga meningkat kecerdasannya.
Pendidikan dalam arti luas adalah metode komunikasi yang dilembagakan dan dikonseptualisasikan secara metodologis dan sistematis.

d.      Propaganda
Merupakan metode komunikasi yang dilakukan secara berencana, sistematis, psikologis dan berulang-ulang, berupaya mengubah sikap, opini atau prilaku seseorang atau sejumlah orang.
Jadi, propaganda adalah komunikasi persuasif yang dilakukan secara berencana, sistematis dan berulang-ulang. Teknik propaganda tersebut kemudian dilembagakan menjadi suatu metode propaganda yang secara konsepsional dan metodologis dilakukan oleh suatu badan khusus. Maka propaganda banyak digunakan dalam kegiatan humas, terutama humas perusahaan.

e.       Indoktrinasi / penataran
Merupakan komunikasi untuk meyakinkan suatu ajaran, paham, atau idelogi kepada seseorang atau sejumlah orang sebelumnya sudah menerima kebenarannya.

f.       Penyuluhan
Penyuluhan merupakan suatu metode komunikasi untuk meningkatkan keterampilan seseorang atau sejumlah orang dengan cara memberikan penjelasan disertai peragaan dengan menggunakan benda-benda nyata.



No comments:

Post a Comment