Thursday, August 20, 2015

PENERBITAN BERKALA ORGANISASI


Organisasi kekaryaan( work organization) seeperti departemen pemerintahan, perusahan, lembaga pendidikan dan badan- badan lainya biasanya menerbitkan suatu berkala (periodicals) sebagai sarana publiksi organisasi ke pada public.
Kahumas yang ditugasi meenerbitkan publikasi seperti itu dapat  mengklaasifikasikanya berdasarkan publikyang dijadikan sasaran, yakni sebagai berikut:
1.      Berkala Intern
Istilah berkala intern sudah dengan dengan sendirinya menunnjukan bahwa penerbitan tersebut bagi public intern yang, umumnya adalah para karyawan. Jadi isi berkala jenis ini harus disesuaikan dengan kpentingan para karyawan.Sebaiknya bentuk berkala intern sudah tentu bergantung pada besar kecilnya yang menerbitkanya. Karena ditentukan oleh biaya. Biasa berbentuk majalah tebal dengn kertas yang mewah (lux), dapat juga berbentuk stensilan yang terrdiri atas beberapa halaman dengan kertas yang harganya murah.
Adapun bentuknya,suatu penerbitan, meskipun hanya untuk para karyawan mengandung unsure  informasi , edukasi dana rekreasi. Secara pribadi karyawan yang satu dengan karyawan yang lainya sudah tentu terdapat perbedaan, tapi tetap disamakan dalam kebutuhgaan . Kebutuhan karyawan disebut kebutuhan primer. Berdasrkan pembidangan dalm penerbitan berkala sebagai media komunikasi, yakni aspek informative, edukatif dan rekreatif seerta kebutuhan karyawan.
Isi suatu penerbitan meliputi hl- hal atau peristiwa seebagai berikut:
a.      Rubrik Informasi
·         Perihal keluarga (pertunanganan, peerkawinan, kelahiran , kematian )
·         Kesejahteraan (koperasi, fasilitas dari oranisasi, kredit perumahan )
·         Pengumuman pimpinan  organisasi
·         Peraturan
·         Suratk keputusan
·         Penggantian pimpinan
·         Kepindahan pegawai
·         Pertemuan (rapat kerja, penataran, konperensi)
b.      Rubrik Edukasi
·         Taujk rencana(editorial)
·         Artikel (pengetahuan, keterampilan, keagamaan)
·         Kutipan pendapat tokoh (keahlian, kemasyarakatan, keeagamaan)

c.       Rubrik Rekreasi
·         Cerita pndek atau bersambung
·         Teka teki silang
·         Anekdot
·         Kisah minat insani (human interst)
·         Pojok atau sentilan
Yang tak boleh dilupakan kahumas dalam mengelola berkala intern itu adalah diadakanyarubrik untuk tanggapan para karyawan . Rubrik ini enting dalam rangka pembinaan komunikasi timbal balik, tempat para karyawan menggunakan kesempatanuntuk mencetuskan pikiran dan perasannyadalam bentuk saran, usul, unek- inek, permintaan, penjelasan,sanggahan, dll
Berkala intern merupakan media komunikasi nirmassa, yang harus menimbulkan efek kognitif, efekmafektif, dan efek konatif. Oleh karena itu, kahumas harus memahami seluk beluk jurnalistik, khususnya jurnalistik majalah.
2.      Berkala Ekstern
Berkala ekstern mengkategorikan isinya berdasarkan 3 aspek yang telah disinggung yakni:
·         Aspek Informatif
·         Aspek Edukatif
·         Aspek Rekreatif
Informasi yang dibutuhkan oleh public ekstern adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan perkembangan organisasi,diantaranya:
a)      Kegitan yang sedang dilakukan,
b)      Kebijaksanaan Umum,
c)      Perencanaan dan progam,
d)     Masalah persaingan,
e)      Porospek produksi,
f)       Prospek pemasaran,
g)      Peningkatan sarana dan prasarana,
h)      Peningkatan mutu karyawan,
i)        Hubungan pimpinan organisasi dengan karyawan,
j)        Dan lain-lain.
Yang perlu diperhatikan oleh kahumas ialah bahwa isi majalah ekstern itu harus didasri fakta,kalau ada opini pimpinan perusahaan berupa interprestasi,perlu dijaga jangan sampai menghilangkan keraguan pihak pulik kepada perusahaan.
3.      Berkala Intern-Ekstern
Apabila berkala intern diperuntukkan bagi public intern,terutama para karyawan,dan berkala ekstern bagi public diluar organisasi,yakni mereka yang berkepentingan dengan kegiatan organisasi,maka berkala intern-ekstern merupakan penerbitan untuk kedua jenis public tersebut.

Disatu pihak ,bagi organisasi yang menerbitkan berkala intern-ekstern ini lebih murah dalam masalah pembiayaan,tetapi dilain pihak harus bisa menyajikan isi menarik bagi 2 kelompok yang berbeda dalam kepentingannya.

1 comment:

  1. boleh tau ini diambil dari buku apa? terimakasih

    ReplyDelete