Thursday, November 12, 2015

APA ITU ERGONOMI?

Ergonomi dapat didefinisikan sebagai penyesuaian pekerjaan terhadap pekerja (fitting the job to workers). Setiap pekerja tidak sama ukurannya dan setiap orang mempunyai keterbatasan-keterbatasan. Ergonomics bertujuan untuk mendesain tempat kerja, proses kerja, perlengakapan, dan alat-alat supaya sesuai dengan anda. Sebagai seorang pekerja, sangat penting bagi anda untuk mengetahui bagaimana mengatur kantor anda agar cocok dengan anda. Apabila suatu pekerjaan tidak cocok dengan pekerja, pekerja-pekerja kemungkinan besar terpapar dengan faktor-faktor risiko yang bisa menyebabkan cedera otot, tulang dan sendi. Faktor-faktor risiko ergonomic yang utama dalam kantor adalah sebagai berikut: • Repetition; pekerjaan-pekerjaan atau pergerakan tubuh yang dilakukan secara berulang-ulang • Awkward postures; posisi-posisi tubuh yang dianggap tidak netral atau tidak ideal seperti perputaran (twisting) leher untuk melihat monitor, atau meraih kedepan ( reaching toward) atau penggunaan mouse yang tidak segaris. • Static forces; mempertahankan suatu posisi dalam jangka waktu yang lama (misalnya duduk yang lama, melihat monitor dengan suatu leher menunduk atau tengadah, atau menjangkau keyboard terlalu jauh). Setiap orang merespons faktor-faktor ergonomic dengan cara yang berbeda. Sebagai contoh, seorang pekerja bisa mempunyai gejala cedera, sedangkan pekerja yang lainnya tidak. Faktor-faktor ergonomi harus diidentifkasi dan diperkecil untuk mengurangi risiko kecelakaan.

No comments:

Post a Comment